Pakoban 5: “Hajatan Komik Paling Yahud Seantero Tanah Pasundan”

Hai! Kali ini gue mau menulis dengan bahasa Indonesia ah, hihi. Did you guys know that I’m actually from Indonesia? My previous articles are in English because I tried to implement my English skill on writing. And I want you to know that I am Indonesian and I’m proud of it! πŸ˜‰

Okeh, hihi. Balik lagi gue akan pakai bahasa Indonesia, dan sedikit-sedikit gue campur dengan bahasa Sunda euy! Haha. Karena gue akan menceritakan suatu event yang gue datangi di Bandung saat gue liburan panjang di sana, yaitu Pakoban! Ada yang taukah Pakoban itu acara apa? Naon iye teh?

Jadi, Pakoban itu adalah singkatan dari Pasar Komik Bandung. Gue baru tau banget kalo di Bandung ada acara semacam ini. Tahun ini acaranya diselenggarakan untuk kelima kalinya dan diadain dari tanggal 7-8 Mei 2016 di Braga Citywalk, Bandung. Awalnya ya gue pikir ini acara bakal biasa aja dan paling jualan manga yang hits dan semacamnya. Dan ternyata…

IMG-20160508-WA0005 new

IMG-20160508-WA0002 new
Buku-buku anak yang ceritanya terinspirasi dari kebudayaan Indonesia, terbitan penerbit Litara. Buku-buku dari penerbit tersebut tahun lalu berpartisipasi dalam acara internasional Frankfurt Book Fair 2015.

Merekalah isinya. Foto-foto di atas cuma segelintir tenant yang gue abadikan foto-fotonya. Tenant yang lainnya ada Kratoon, yaitu sebuah platform untuk animator Indonesia, seperti Si Juki, Hebring, Budi Man yang merupakan karakter animasi asli diproduksi oleh para animator di Indonesia. Karakternya lucu-lucu banget lagi dengan kisah-kisahnya yang jenaka. Coba kalian tonton deh. Pasti bakal terhibur banget dan kagum pastinya karena ternyata Indonesia bisa punya karakter animasi sendiri yang nggak kalah menariknya dengan karakter animasi Jepang. Memang sii beberapa karakter di atas memang terpengaruh dari animasi Jepang dan negara lainnya. Tapi tetep kita patut angkat 4 jempol untuk kehebatan mereka menciptakan karya yang kreatif untuk dapat dinikmati kita semua. πŸ˜€

Tenant lainnya ada yang menjual komik karangannya sendiri sekaligus aneka merchandise-nya, tenant yang menjual Kosmik, yaitu majalah komik yang isinya kompilasi komik-komik karangan komikus Indonesia, tenant yang jualan komik Pavlichenko, tenant kumpulan kreator stiker di LINE, tenant yang jualan board game jebolan kompetisi Gramedia tahun lalu, seperti Waroong Wars dan Pagelaran Yogyakarta yang ilustrasinya fenomena yang Indonesia banget dan masing-masing permainannya punya rules tersendiri untuk memainkannya, tenant yang memberikan jasa pembuatan sketsa juga. Pokoknya banyak banget deh. Nggak nyangka dunia animasi dan ilustrasi di Indonesia sebegitu besarnya sekarang.

Jujur, gue sama sekali buta dengan kondisi animasi di Indonesia. Dateng ke sini tuh membuat gue sadar bahwa banyak banget lho animator, komikus, dan ilustrator di Indonesia yang karyanya patut banget diberikan ruang untuk kita berikan apresiasi tinggi. Dengan gue menulis artikel ini, gue berharap nama-nama mereka terus tergaung di dunia maya ini hingga terdekteksi oleh orang-orang belahan dunia lainnya. Hidup ilustrator, komikus, dan animator Indonesia! #Indonesiabangga πŸ˜€

I am Indonesian and I’m proud of it!

 

Leave a Reply

